Bertahan dalam Bisnis percetakan adalah keharusan walau bisnis ini tergolong bisnis yang sudah ada sejak cukup lama dan diprediksi akan tetap terus ada dan berkembang. Ya, walaupun kemajuan teknologi digital membuat pasar dari bisnis percetakan lambat laun mulai tergerus. Sebut saja bisnis surat kabar, yang belakangan ini mulai beralih menjadi berbagai portal berita didunia maya.

Walaupun demikian bisnis percetakan diprediksi masih akan terus ada dan menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan, hal ini disebabkan karena tren nya saja yang berubah. Kalo dulu bisnis percetakan lebih  mengandalkan sumber omset dari koran,buku dan brosur/pamflet kini mulai bergeser ke labeling,packaging,hang tag, dan produk produk sejenisnya.

Juga kemajuan teknik digital membuka peluang tersendiri bagi bisnis percetakan.

Namun, ketatnya persaingan membuat tidak sedikit dari bisnis ini yang gulung tikar. Harga yang bersaing dan cenderung tidak sehat, investasi yang cukup besar pun ditengarai menjadi penyebab utama keadaan ini.

Di beberapa sentra percetakan, hal ini tampak betul. Kondosinya sungguh berbeda dari 5 tahun yang lalu. Jalan yang biasanya ramai kini menjadi agak sepi. suara mesin dimana mana pun mulai berkurang.

Berikut 3 Tips Jitu untuk bertahan dalam bisnis percetakan

1. Jauhi Perang Harga. Ini yang menjadi kesalahan utama para pebisnis masa kini. Muda terpancing dengan pertarungan harga. Bahkan dalam bisnis percetakan, baik ofset maupun digital sering kita jumpai banyak pengusaha yang berani rugi hanya untuk merebut pelanggan. Tentu cara ini tidaklah bijak karena bisa saja malah menjadi Bom Waktu bagi bisnis kita.  Sebaiknya konsntrasi pada kualitas dan layanan terbaik terlebih dulu agar walau harga kita bukan yang termurah namun konsumen tetap loyal pada perusahaan kita

 2. Mulai Beralih dan Melirik Pasar Online. Tidak bisa dipungkiri lagi, pasar online dalam 3 ningkatnyan kepercayaan masyarakat terhadap tahun ini semakin menggiurkan. Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap belanja online harus kita manfaatkan.  Tentunya diperlukan keseriusan dalam mengeloah web ataupun toko online percetakan kita. Tampilkan portofolio terbaik,promosi yang terukur dan terarah. Website yang ber SEO,Menjaga kepercayaa kcustomer kususnya konsistensi proses pembuatan menjadi sarat mutlak sukses dalam bisnis online. Pasar online yang sangat luas juga membuat kita tidak perlu mengambil untung besar, karena persaingan yang ketat. Tapi berdasar pengalaman, kuantiti yang diperoleh dipasar on line jauh lebih besar dari bisnis percetakan konvensional.

3. Menjual Produk Jadi. Ini adalah tips jitu kususnya mengatasi masa-masa sepi order. Menjual produk jadi yang berbasis dr bisnis utama kita. Sebagai contoh : Menjual poster (gambar berdasar market utama kita),Menjual Kartu Ucapan,Stiker,Stiker Label Nama,Pop Up,Scrapbook,wallsticker dan masih banyak lainnya. Produk produk ini pun sangat dapat dijual secara online.Berikut contoh bisnis stiker nama yang memungkinkan kita produksi jika kita sudah memiliki mesin mesin cetak

4. Penetrasi Usaha. Kembangkan usaha anda, kususnya kedaerah yang persaingannya lebih rendah. Misalnya daerah desa/kabupaten yang masih logis atau masuk akal dan pasar bisnis percetakan masih memungkikan. Karena percetakan adalah bisnis yang luasuang a sehingga masih memungkinkan membuka pasar di daerah yang tingkat persaingannya lebih rendah.

5. Berhati-hati dalam investasi mesin anda. Jangan gegabah,jangan ikuti nafsu atau tren sesaat. Jangan investasikan uang anda kepada alat/mesin cetak sebelum anda memiliki order/pasar yang luas untuk mesin itu. Sebaiknya tes pasar dulu dengan sistem makloon kepada rekanan yang memiliki mesin tersebut.Ketika order mulai besar baru investasikan Saat ini bukan waktu yang tepat untuk berspekulasi dalam bisni percetakan.Salah-salah bisnis anda malah menemui jalur buntu.pusing kan.

Ke lima cara ini dapat membantu kita menemukan langkah baru jika bisnis kita mulai stag. Langka no.3 bisa menjadi alternatif yang sangat membantu dalam keadaan terjepit. Tidak jarang pengusaha yang bangkit justru ketika terjepit.Karen saat itu inovasi terbaik akan muncul.

Bertahan Dalam Bisnis Percetakan memerlukan strategi yang baru. Inovasi,kerja Keras dan Kepercayaan adalah keharusan untuk menjadi pemenang.